Konsorsium Bank BUMN Siap Kucurkan Rp 3 Triliun ke Pertamina

pertamina
http://www.wartaone.com

Saat ini telah banyak PHK terjadi di mana-mana. Termasuk di perusahaan tempat saya bekerja. Pemutusan kerja secara besar-besaran menjadi blunder bagi siapa saja yang terkena dampaknya, langsung atau tidak langsung. Tetapi ada kabar baik dari salah satu BUMN kita yang mendapatkan suntikan dana besar dari beberapa BUMN lainnya. Setidaknya hal ini bisa menjadi lapangan kerja baru bagi anak-anak bangsa yang saat ini lagi tidak beruntung. mengapa demikian?

Jakarta – Konsorsium bank BUMN siap memberikan pinjaman sebesar Rp 3 triliun untuk membiayai investasi Pertamina di 2009. Bank BUMN yang tergabung di konsorsium tersebut adalah Mandiri, BNI, dan BRI.

Direktur Korporasi BNI Krishna R Suparto mengatakan, BNI siap memberikan Rp 1 triliun untuk keperluan Pertamina tersebut. Sementara Mandiri, yang akan menjadi lead, sebelumnya mengaku siap menggelontorkan Rp 1,5 triliun.

“Kita akan dengan Pertamina, total proyek Rp 3 triliun dan kita sepertiganya kalau tidak salah ada bank lain seperti Mandiri dan BRI. Sepertiganya berarti Rp 1 triliun, bisa kurang bisa lebih, ini masih negosiasi,” tuturnya di sela-sela diskusi panel mengenai Peningkatan Peran dan Partisipasi Bank BUMN dalam kegiatan Usaha Hulu Migas di Indonesia, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (30/7/2009).

Krishna mengatakan kredit tersebut diberikan dalam bentuk rupiah, sebab BNI tidak berkonsentrasi untuk memberikan kredit dalam bentuk valas.

Krishna mengatakan sampai semester I-2009 jumlah kredit ke sektor migas yang dikucurkan BNI mencapai Rp 3,5 triliun dan BNI mentargetkan bisa tumbuh mencapai Rp 5 triliun sampai akhir 2009 ini. “Yang Rp 3,5 triliun sudah terealisasi ada yang kredit dalam bentuk langsung dan fasilitas non kredit yang sifatnya L/C untuk transaksi-transaksi,” katanya.

Krishna mengatakan kisaran suku bunga kredit korporasi yang diberikan BNI saat ini adalah berkisar 11-13% tergantung besaran usaha, kompleksitas, dan hubungan  debitur. Menurutnya kredit bermasalah di sektor korporasi relatif kecil, NPL net di sektor ini masih di bawah 1%.

Kredit migas terbesar BNI diberikan kepada Pertamina dan Medco. Krishna juga mengatakan BNI juga siap untuk melayani transaksi perusahaan kontraktor migas di Indonesia seperti yang telah diatur oleh BP Migas.

6 Responses to “Konsorsium Bank BUMN Siap Kucurkan Rp 3 Triliun ke Pertamina”


  1. 1 ivanbatara July 31, 2009 at 9:59 am

    hmmm….. cerita ini makin menguatkan “hasrat” saya untuk menjadi entrepreneur –keluar dari zona aman– hehe

  2. 2 sendaljepit August 1, 2009 at 1:59 am

    semakin ndak aman posisi kita, makin besar peluang dapet kucuran sekian triliun itu Van? hehe…

  3. 4 Babesajabu August 3, 2009 at 4:49 pm

    Semoga bisa memperkecil jumlah pengangguran…

  4. 5 Yep August 3, 2009 at 5:42 pm

    Ya…semoga aja ye 🙂

  5. 6 ifan July 1, 2010 at 6:34 pm

    Sepertinya lebih baik membuka usaha sendiri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: